Breaking News

Tiga Pelajar Aceh Ikuti Program YES di Amerika Serikat

,
Tiga Pelajar Aceh Ikuti Program YES di Amerika Serikat

BANDA ACEH -- Tiga pelajar Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) Modal Bangsa Aceh Besar selangkah lagi lulus program pertukaran pelajar YES (Youth Exchange and Study) ke Amerika Serikat.

Ketiga pelajar tersebut adalah Muhammad Salman Alfarisi, Nazla Syaqira dan Muhammad Alfarizi. Menurut Kepala Cabang Dinas Pendidikan Banda Aceh dan Aceh Besar, Mohd Iqbal, tiga pelajar ini direncanakan akan berangkat ke Amerika Serikat pada 9 Agustus 2021 hingga Juni 2022.
"Sebelum berangkat, mereka diharuskan mengikuti wawancara di kedubes Amerika di Jakarta dan mengikuti pembekalan serta persiapan di sana," ujar Mohd Iqbal, Senin, 14 Juni 2021.

Iqbal mengatakan semua pelajar itu berasal dari SMA Modal Bangsa. Dia juga mengatakan pencapaian ini adalah hal yang luar biasa karena bisanya hanya satu siswa yang dikirim.

Seperti ditulis di laman resmi kedutaan besar Amerika Serikat, program Pertukaran Pemuda dan Studi (YES) didirikan pada bulan Oktober 2002 untuk memberikan beasiswa kepada siswa sekolah menengah yang berusia 15 hingga 17 tahun dari negara-negara dengan populasi muslim yang signifikan, termasuk Indonesia.

Mereka akan menghabiskan satu tahun pendidikan akademik di Amerika Serikat. Siswa YES tinggal dengan keluarga angkat, mengikuti sekolah tinggi, terlibat dalam kegiatan sambil belajar tentang Amerika.

Mereka juga akan memperoleh keterampilan kepemimpinan, dan membantu mendidik Amerika tentang negara dan budaya mereka.

Yayasan Bina Antarbudaya, bersama dengan Kedutaan Besar AS di Jakarta, mengelola program YES di Indonesia. Sebagai informasi saat ini sudah lebih dari 1.000 pemuda pemudi Indonesia telah berpartisipasi dalam program ini sampai saat ini. (IFR)

Komentar

Loading...