Breaking News

Tanah Warga Diserobot untuk Pelebaran Jalan Pasie Lembang- Kedai Rundeng Kluet Selatan, Warga Minta Ganti Rugi

,
Tanah Warga Diserobot untuk Pelebaran Jalan Pasie Lembang- Kedai Rundeng Kluet Selatan, Warga Minta Ganti Rugi

TAPAKTUAN -- Pembangunan pelebaran dan pengerasan jalan dua jalur tepatnya di Pasie Lembang - Kedai Rundeng, Kecamatan Kluet Selatan, Kab. Aceh Selatan, diduga serobot tanah warga. Rabu, 17 November 2021.

Salah seorang pemilik lahan, Heldijar mengatakan, penyerobotan tanah dan penebangan sawit tanpa pemberitahuan pada pemiliknya. Kerja seperti itu sistem pemalak hak orang alias perompak.

"Kita bukan anti pembangunan, namun dalam membangun itu juga perlu tata cara dan etika, seyogyanya harus komunikasi dengan para pemilih lahan", seharusnya kontraktor dan Pemerintah Daerah harus memfasilitasi supaya tidak menyerobot hak rakyat," ucap Heldijar kepada wartawan di Tapaktuan. 

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Aceh Selatan, M. Yunus ST ketika dikonfirmasi melalui Kabid Binamarga Redmelis ST membenarkan  ada komplain dari sejumlah warga." Ya,  tetapi lahan tersebut telah dibebaskan oleh negara sejak lama.

Pelaksanaan pelebaran dan pengerasan jalan dari Pasie Lembang ke Gampong Indra Damai hingga Kedai Rundeng tersebut proyek bersumber dari DOKA Tahun 2021, sebutnya.

Sedangkan, PPTK pada PUPR Aceh Selatan, Tarmizi menambahkan,  proyek DOKA tahun 2021 tersebut adalah untuk membangun jalan alteri yang menghubungkan ke  jalan negara  Tapaktuan - Subulussalam.

"Badan jalan dikiri kanan  yang mengenai lahan warga itu, lebih kurang  1,5 meter, totalnya 3 meter", Pembangunan jalan di kawasan tersebut hasil kesepakatan warga dan berdasarkan DED tahun 2020 lalu," pungkasnya.

Informasi dihimpun wartawan", Jalan yang baru selesai dikerjakan tersebut merupakan proyek sumber DOKA Kabupaten/Kota  Tahun 2021 yang dikerjakan PT. Benteng Kuala Tuha Mandiri, sepanjang 7 kilometer  dengan anggaran Rp. 3,8 miliar lebih.

Proyek sumber DOKA berupa pelebaran badan jalan dan pengerasan,  meliputi dari Gampong Pasie Lembang, Indra Damai dan Gampong Kedai Rundeng.||NB

Komentar

Loading...