Breaking News

SEMMI dan HMI Mendesak DPRK Aceh Selatan Menetapkan Wakil Bupati

,
SEMMI dan HMI Mendesak DPRK Aceh Selatan Menetapkan Wakil Bupati

TAPAKTUAN --  Serikat Mahasiswa Muslimin Indonesia (SEMMI), dan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Tapaktuan, mendesak DPRK agar  segera menetapkan Wakil Bupati (Wabup) Aceh Selatan, sisa masa jabatan periode 2018 - 2023.

Terkait kosong jabatan Wabup, kita mendesak DPRK agar segera menyurati Bupati untuk mengusulkan dua calon Wabup.Terkhusus partai koalisi pengusung Azam,untuk segera mengusulkannya agar dipilih dalam rapat Paripurna dewan".Penegasan itu disampaikan Ketua SEMMI M.Hasbar Kuba, saat audensi diruang Musyawarah Gedung DPRK Aceh Selatan,Selasa (7/9/2021).

Muhammad Hasbar menyebut Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Kabupaten  Aceh Selatan agar menjalankan fungsi controlling dan pengawasan itu dengan benar, karena merupakan pendelegasian seluruh rakyat.

Maka, dengan kekosangan jabatan Wabup, satu sisi lemahnya kepemimpinan Bupati Aceh Selatan Tgk.Amran, karena belum bisa menjalankan amanah UUPA atau Qanun Aceh No 11 Tahun 2006 dan Undang-Undang Nomor 10  Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota".sebutnya

Menurutnya, batas pengusulan Wabup tersebut terhitung 18 bulan sebelum jabatan Bupati berakhir. Maka sebelum 18 bulan, dua (2) calon nama Wakil Bupati Aceh Selatan sudah ada diusulkan oleh partai koalisi pengusung.

Langkah kedepan, SEMMI dan HMI terus kawal sampai adanya posisi Wakil Bupati terisi. Kita tidak hanya cukup sampai disini, akan tetapi mengawal hal ini sampai tuntas, tegasnya.

Selain itu, ungkap Hasbar Kuba, ia sangat kecewa terhadap partai koalisi pengusung Azam, karena pelantikan Bupati Tgk.Amran sudah lebih satu tahun, namun sampai saat ini partai koalisi pengusung Azam tidak ada titik temu.

Mereka seperti main uring - uringan tidak mau mengungkapkan siapa calon Wabup. Oleh karena itu meminta kepada partai pengusung Azam, segera mengusulkan 2 nama, nanti Bupati yang menyerahkan kepada DPRK Aceh Selatan". ucapnya

Hal serupa disampaikan, Ketua HMI Cab.Tapaktuan, Ihsan, bahwa sebelum berakhir masa jabatan Bupati Aceh Selatan, Wakil Bupati sisa masa jabatan periode 2018 - 2023 sudah terisi, alias tidak kosong.

Kita juga meminta DPRK Aceh Selatan untuk mendesak Bupati Aceh Selatan untuk segera mengusulkan 2 nama calon Wakil Bupati agar bisa dipilih oleh DPRK Aceh Selatan dalam sidang rapat paripurna. ujar Ihsan.

Sementara itu, Ketua DPRK Aceh Selatan, Amiruddin menyebutkan, masuk - masukan yang disampaikan SEMMI dan HMI tetap ditampung dan segera ditindaklanjuti.

Kita akan  menyurati Bupati Aceh Selatan terkait pengisian posisi jabatan Wakil Bupati Aceh Selatan. Selanjutnya  DPRK membahas hal ini dalam rapat Bamus," pungkasnya.

Adapun dalam audensi tersebut SEMMI dan HMI menyerahkan Surat Keputusan Petisi Bersama kepada Ketua DPRK Aceh Selatan, Amiruddin dan turut disaksikan Wakil Ketua II Adi Samridha S.Pd.I, beserta  Anggota DPRK  Hadi Surya STP MT, Velly Hidayat,  Rema Mishul Azwa SE, dan Zamzami ST,

Surat Keputusan Petisi Bersama tersebut masing - masing ditandatangani oleh Ketua SEMMI, Muhammad Hasbar Kuba, dan Ketua HMI Cab. Tapaktuan, Ihsan.

Dalam isi petisi tersebut, mereka mendesak DPRK Aceh Selatan untuk segera menetapkan Wakil Bupati (Wabup) Aceh Selatan, sisa masa jabatan periode 2018 - 2023.||NB

Komentar

Loading...