Breaking News

Sejumlah Kepala Sekolah SD Belum Seleksi Cakep

,
Sejumlah Kepala Sekolah SD Belum Seleksi Cakep

TAPAKTUAN -- Sejumlah Kepala Sekolah Dasar (SD) di  Kabupaten Aceh Selatan diduga tidak memenuhi syarat karena belum  mengikuti seleksi Cakep  (calon kepala) sekolah.

Kepala SD yang belum memenuhi syarat diantaranya Kepala SD Alur Pinang, Kec. Samadua, dan Kepala SD Trumon".ungkap T. Sukandi selaku Pemerhati Kebijakan Aceh Selatan (PeKA), Jum at (10/9/2021)

Sukandi menyatakan kedua kepala SD itu diketahui telah dilantik beberapa waktu  lalu, tetapi tidak memenuhi syarat karena belum seleksi Cakep.

Ketika kepala sekolah diemban oleh orang yang belum memenuhi syarat dikhawatirkan menimbulkan kecemburuan sosial bagi guru - guru lainnya. Oleh karena itu, kepada Bupati Aceh Selatan Tgk. Amran agar betul - betul jeli dan menelaah ketika ingin menempatkan seorang kepala sekolah. ujarnya

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Aceh Selatan, Erdiansyah S.Pd ketika dikonfirmasi terpisah membenarkan, ada sejumlah kepala sekolah belum seleksi Cakep.

"Sudah memenuhi syarat. Tetapi ada beberapa kepala sekolah belum mengikuti diklat seleksi Cakep, karena kondisi Covid-19," sebutnya.

Masalah ini, saat ingin dilaksanakan diklat seleksi Cakep, tim pengujinya harus  dari Solo. Sementara untuk mendatangkan tim penguji,  terkendala situasi pandemi Covid-19.

"Pada tahun 2020 lalu awalnya sudah ada rencana pelaksanaan diklat seleksi Cakep, namun tim penguji di Solo tidak bisa datang karena pandemi Covid-19. katanya

Namun, pihaknya sudah jauh hari sudah berencana semua kepala sekolah di Aceh Selatan  telah mengikuti diklat seleksi  Cakep."Sebagaimana harapan Pak Bupati Tgk. Amran, kita juga menginginkan semua kepala sekolah telah mengikuti diklat seleksi Cakep.

Ditahun 2021 ini, akan dilaksanakan diklat seleksi Cakep di  Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Banda Aceh."Mudah - mudahan diklat seleksi Cakep ini dapat terlaksana. ucapnya [NB]

Komentar

Loading...