Breaking News

Saat Wisuda Mahasiswa STIAPEN, Pemkab dukung Program "Kampus Merdeka" ala Mas Menteri Nadiem Makarim

,
Saat Wisuda Mahasiswa STIAPEN, Pemkab dukung Program "Kampus Merdeka" ala Mas Menteri Nadiem Makarim


Mimbaraceh.com, Suka Makmue- Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Pelita Nusantara (STIAPEN) Kabupaten Nagan Raya, Selasa (22/5/2021) mewisuda 73 lulusan Sarjana Program Studi  Administrasi Bisnis (S.AB) yang berlangsung di Aula Kampus setempat di kawasan Gampong Cot Kuta, Kecamatan Suka Makmue.


Prosesi acara Wisuda VII dan Dies Natalis ke XIII Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Pelita Nusantara ( STIAPEN) Nagan Raya, menerapkan standar protokol kesehatan covid 19.
Ketua STIAPEN Edi Wanda, SE, MM dalam sambutannya mengatakan, para wisudawan/Wisudawati yang diwisuda hari ini, mereka rata-rata semua telah mengikuti program wajib magang kampus selama satu hingga tiga bulan diberbagai instansi pemerintah dan swasta, baik didalam kabupaten, maupun diluar Kabupaten Nagan Raya

"Alhamdulillah, sebenarnya STIAPEN Nagan Raya sudah lama menerapkan sebagian dari konsep Kampus Merdeka sebagai mana yang telah digagas atau dijalankan saat ini oleh Mas Menteri Pendidikan Nadiem Makarim," katanya.

Selain itu kata Edi Wanda, alumni Lulusan STIAPEN  saat ini telah banyak telah banyak bekerja pada instansi Pemerintah dan swasta baik di Nagan Raya maupun diluar Nagan Raya. Ia juga berpesan kepada para lulusan wisuda Program Studi Administrasi Bisnis yang ber-akreditasi B tersebut,  untuk terus mengasah kemampuan ilmu pengetahuanya sehingga bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain.

"Saudara-saudari yang diwisuda hari ini harus mampu berkompetisi dan berkonstribusi sebagaimana tanggung jawab sumpah janji wisuda yang akan dibacakan hari ini," kata Edi Wanda

Hadir sebagai Pembicara Kuliah umum( Stadium General) Akademisi Fakultas Psikologi UIN Arraniry Banda Aceh Dr. Fajran Zain,MA yang mengusung tema, "Menjadi Ilmuan yang memuliakan Akhlak, Intelektualitas, dan Kepekaan Sosial."

Fajran Zain menguraikan bahwa sejatinya para lulusan Perguruan Tinggi dituntut untuk tidak hanya mampu dalam melakukan olah fikir, tetapi juga harus mampu dalam melakukan olah rasa. Tidak hanya sekedar cakap dalam berlogika, tetapi juga cakap dalam mengasah kepekaan sosial dan membangun bangsa dengan keilmuan yang didapatinya.

"Betapa banyak orang yang pintar di negeri ini, tetapi sedikit sekali orang yang dengan kepintarannya itu memberi manfaat untuk masyarakat disekitarnya, wa bil khusus, kehadiran alumni-alumni STIAPEN harus memberi sesuatu yang berbeda, harus memberi warna lain bagi kemajuan Nagan Raya ke depan," terang Fajran yang juga mantan ketua KKR Aceh ini.

Hadir dari unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah( Forkopimda) Nagan Raya, Asisten III Drs. Mahdali mewakili Bupati, Wakapolres Kompol.Alwin Andrian, Dandim Nagan Raya diwakili oleh Pasiter Kodim 0116/Nagan Raya, Lettu. Inf.N.Ihsan.

Via link Zoom, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XIII Aceh Prof. Dr. Faisal, S.H., M. Hum, sebenarnya juga dijadwalkan memberi pidato pengarahan, namun batal terlaksana, karena ditengah acara terdapat kendala teknis dan halangan lainnya.

Bupati Nagan Raya dalam amanat tertulisnya yang dibacakan oleh asisten III bidang administrasi umum Drs Mahdali mengatakan, bahwa Pemerintah Daerah mendukung penuh keberadaan dan kiprah kampus STIAPEN yang telah banyak melahirkan lulusan sarjana di Nagan Raya, dan katanya banyak dari ASN Nagan Raya yang telah selesai atau sedang menempuh pendidikan di STIAPEN.

" Selamat dan Sukses kepada adek-adek wisudawan-wisudawati atas prestasi yang telah diraih, dan semoga ilmunya bermanfaat kepada daerah Nagan khususnya," Pesan Bupati dibaca oleh Mahdali.

Selain itu, Pemerintah Daerah Nagan Raya juga mendukung Program Kampus Merdeka yang sedang digalakkan oleh Kementrian Pendidikan.

" Kita juga mendukung Program Kampus Merdeka yang sebagian sudah berjalan di Kampus STIAPEN," tutup asisten III Drs. Mahdali. (RO)

Komentar

Loading...