Breaking News

Dekranasda Aceh Luncurkan Galeri UMKM di Nagan Raya

,
Dekranasda Aceh Luncurkan Galeri UMKM di Nagan Raya
Ketua Dekranasda Aceh, Dr. Ir. Dyah Erti Idawati, MT, saat meresmikan galeri Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Gampong Alue Bilie, Kecamatan Darul Makmur, Kabupaten Nagan Raya, Sabtu, (7/8/2021).

NAGAN RAYA -- Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Aceh, Dyah Erti Idawati, meluncurkan galeri Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Gampong Alue Bilie, Kecamatan Darul Makmur, Kabupaten Nagan Raya, Sabtu, (7/8/2021). Galeri itu diinisiasi oleh Dinas Perindustrian dan UKM Nagan Raya sebagai wadah untuk menjual berbagai produk pelaku usaha di daerah setempat.

Pada peresmian itu, Dyah Erti ikut didampingi oleh Ketua dan Wakil Ketua Dekranasda Kabupaten Nagan Raya, Kepala Dinas Perindustrian dan UKM Nagan Raya dan sejumlah unsur Forkopimda Nagan Raya.

Dyah mengharapkan, keberadaan fasilitas galeri tersebut dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin. Sehingga produk pelaku usaha di Nagan Raya dapat terjual dengan maksimal hingga memberi dampak ekonomi.

“Saya menyambut baik pembukaan galeri ini. Ini posisinya bagus karena di lintasan jalan raya,” ujar Dyah.

Kemudian, kepada petugas yang menjaga toko produk UMKM Nagan Raya itu, Dyah meminta mereka agar disiplin dalam mengoperasikan galeri tersebut. Jam operasional dan ketersediaan barang dalam toko perlu dijaga untuk merawat kepercayaan dan kepuasan pelanggan.

“Begitupun dengan para pelaku UMKM, benar-benar harus dipastikan kalau produk yang dipajang di galeri ini berkualitas. Kepercayaan pembeli perlu dijaga,” kata Dyah.

Dyah mengatakan, UMKM merupakan penopang perekonomian Indonesia. Karena itu ia meminta semua pihak di Nagan Raya untuk benar-benar memperhatikan potensi tersebut. Dengan cara membantu memasarkan dan membeli produk pelaku usaha di daerah sendiri.

“Gerakan membeli produk orang sendiri perlu digaungkan. Agar uang yang ada di Nagan Raya tidak mengalir ke luar,” kata Dyah.

Sementara itu, Camat Kecamatan Darul Makmur, Tawaruddin, menyampaikan terimakasih atas kehadiran istri orang nomor satu di Aceh itu. Ia berharap kehadiran Dyah dapat menjadi pemantik membangkitkan ekonomi pelaku UMKM.

“Kami berharap dengan dibukanya toko penampung produk UMKM lokal ini dapat mengembangkan ekonomi masyarakat. Kami berharap Dekranasda dapat terus bersinar membantu masyarakat,” kata Tawaruddin.

Dinas Perindustrian dan UKM Nagan Raya membuka tiga galeri UMKM di tiga titik. Yaitu di Kecamatan Darul Makmur, Kecamatan Kuala, dan Kecamatan Seunagan. Pembukaan ketiga galeri itu bertujuan untuk menampung produk UMKM lokal yang sulit dipasarkan agar dapat dijangkau oleh pembeli. []

Komentar

Loading...