Breaking News

China Labrak Media Amerika, Karena Siarkan Peta tanpa Taiwan dan Laut China Selatan

,
China Labrak Media Amerika, Karena Siarkan Peta tanpa Taiwan dan Laut China Selatan
Peta China yang ditampilkan NBC ketika pembukaan Olimpiade Tokyo pada 23 Juli 2021

JAKARTA -- Pemerintah China mengajukan kecaman dan kritik keras terhadap saluran televisi Amerika Serikat (AS), NBC, karena telah menunjukkan peta China yang tidak lengkap selama siaran Olimpiade Tokyo. Ahad, 25 Juli 2021.

Diketahui NBC merupakan satu-satunya televisi Amerika Serikat yang memegang hak siaran untuk Olimpiade yang sedang berlangsung.

Di akun media sosial Weibo pada Sabtu (24/7), Konsulat China di New York menyoroti siaran upacara pembukaan Olimpiade Tokyo pada Jumat (23/7). Ketika atlet dari negeri tirai bambu muncul, NBC menampilkan peta China, namun tanpa Taiwan dan Laut China Selatan di dalamnya.

Konsulat mengatakan peta tersebut tidak lengkap dan hal itu menyakiti martabat serta perasaan orang-orang China.

"Kami mendesak NBC untuk mengenai sifat serius dari masalah ini dan mengambil tindakan untuk memperbaiki kesalahan tersebut," ujar konsulat, seperti dilansir dari Reuters.

Selama siaran, komentator NBC Savannah Guthrie juga menyebut dugaan pelanggaran hak asasi manusia yang dilakukan China di Hong Kong dan Xinjiang, ketika para atlet China keluar.

AS merupakan satu dari banyak negara yang mengakui kebijakan Satu China. Namun Washington juga menjadi pemasok bantuan hingga persenjataan ke Taiwan.

Sementara itu, AS sudah menolak dengan tegas klaim China di Laut China Selatan yang berbenturan dengan sejumlah negara Asia Tenggara.

Komentar

Loading...